Minggu, 14 Agustus 2016

Tentang Rio Dan Mengapa Sejahtera Itu Penting

Tergelitik dengan berita yang lagi hot-hotnya belakangan ini...iya, apalagi kalau bukan soal mundurnya Rio dari pembalap utama Manor Racing "hanya" karena masalah dana yang tidak bisa dipenuhi. Beruntungnya, Rio masih bisa jadi pembalap cadangan manor secara free. Kabarnya sih kekurangan dananya mencapai ratusan milyar. Di salah satu suratkabar internet sih dikabarkan kalau kekurangannya sekitar 7,5 juta euro atau sekitar 100 milyar lebih kalau dalam nilai rupiah. Wuihh angka yang fantastis yah.

Pemerintah dalam hal ini tentu saja tidak bisa berbuat banyak. Entah karena tidak ada dananya, atau hal lain. Tapi yang saya mau soroti disini bukan soal itu sih, tapi mau menyoroti dari sisi bahwa uang itu merupakan suatu alat yang penting. Seandainya sponsorship Rio kenceng, mungkin masalah seperti ini tidak akan terjadi. Seandainya financial kuat, orang tinggal fokus untuk mengukir prestasi yang lebih tinggi.

Kita sering mendengar dalih "uang tidak bisa membeli kebahagiaan", atau "uang bukan segalanya" atau yang senada seperti itu. Pasti pernah denger kan yaa. Tapi kita kadang lupa, bahwa dalih seperti itu lebih cocok muncul kalau memang kita sudah kelebihan financial.

Karena pada kenyataannya kita kan tidak bisa menampik fakta kalau kita masih butuh uang buat beli beras, buat makan, buat beli lauk pauknya, bahkan buat beli air minum. Kita masih butuh uang buat bayar angkot. Masih butuh uang buat beli baju supaya ngga kedinginan. Masih butuh uang untuk bayar tempat kita tinggal, tidur, berlindung dari panas. Dan semua yang saya sebut itu masih kebutuhan pokok saja. Belum buat pengembangan diri, sekolah yang makin lama makin mahal, dan sederetan biaya lainnya.

Saya pun ngerasa banget, hidup pas-pasan, dana mepet-mepet itu ngga nyaman. Bersyukur itu pasti, karena Alhamdulillah banget ngga sampai kekurangan. Tapi saat diri sendiri mepet, mau bantu orang lain pun susah, mikirnya lama. Saat ada kebutuhan dadakan, pasti jadi panik.

Uang bukan tujuan hidup, tapi dia alat yang penting yang bisa digunakan untuk banyak manfaat. Buat beli makanan yang lebih sehat, baju yang lebih nyaman, rumah yang lebih nyaman, pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi, kesehatan, haji, umroh, perjalanan religi, membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Dalam kasus Rio, bisa berprestasi lebih tinggi dan mengharumkan nama bangsa.

Semoga kita semua dikasih rejeki seluas-luasnya, sejahtera-sesejahteranya, seberkah-berkahnya. Kalau harus bekerja keras, ya kerja keraslah sesemangat mungkin. Semoga jalannya dimudahkan. Aamiin. :)

Akhir kata, semoga Rio bisa lancar juga rejekinya. Dapet sponsor besar dari Indonesia dan bisa mengharumkan nama bangsa sebesar-besarnya. :)

0 komentar:

Poskan Komentar