Jumat, 19 Agustus 2016

Bagaimana Cara Mengganti Skin Care (Perawatan Kulit)

pic source: freeimages.com
Gimana sih sebenarnya cara mengganti skin care yang mau kita gunakan?

Ada banyak alasan sebenarnya kenapa kadang kita harus mengganti skin care yang kita gunakan. Ngga cocok, produknya sudah ngga ada lagi (discontinue), perlu produk yang lebih advanced (anti-ageing, pencerah wajah, pembersih jerawat, dll), atau sederetan alasan lainnya. Di negara empat musim sana, mereka bahkan kadang perlu mengganti skin care setiap perubahan musim.

Proses mengganti skin care ini susah-susah gampang. Karena kalau salah yang ada malah kulit bisa "marah-marah". Ya jerawatan lah, ya kering lah, ya jadi sensitif lah, ada aja masalahnya. Biasanya masalah juga terjadi kalau misalnya kita beralih dari produk berbahan kimia tinggi ke produk yang berbahan alami. Mungkin juga sebaliknya.

Nah supaya masalah-masalah itu ngga kita hadapi, atau setidaknya bisa dikurangi, ini ada sedikit tips-tips yang semoga bisa membantu.

1. Riset
Yup, riset. Cari tahu dulu tentang skin care yang sekarang kita pakai dan skin care yang jadi incaran kita. Cari tahu juga kondisi kulit kita. Apa memang perlu ganti skin care? Kalau cuman laper mata aja sih sebaiknya ngga usah ganti yaa.

Cari tahu dulu review skin care yang kita incar. Sebanyak-banyaknya. Cari tahu apa ada reaksi kulit yang mungkin ditimbulkan, seperti purging, atau pengelupasan kulit. Kalau kulit kita sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu, sudah pasti kita harus riset bahan-bahannya juga ya. Waspadai kalau kita mau beralih dari skin care yang lumayan keras ke skin care alami, biasanya bakal ada reaksi dari kulit.

Riset lah sampai yakin dan mantap mau mencoba. Oya, riset juga gimana pola makan serta kondisi hormon kita. Karena asupan dan hormon sering berpengaruh juga dengan kondisi kulit. Tingkat stress juga berpengaruh banget.

2. Puasa Skin Care
Saat mau beralih skin care lakukanlah dengan perlahan. Jangan langsung tiba-tiba ganti skin care, kulit bisa kaget. Idealnya, kita puasa skin care dulu minimal seminggu atau dua minggu. Kalau mau aman sekalian puasa sebulan dari skin care apapun. Kecuali yang basic mungkin ya, kayak sabun muka dan sunblock.

Puasa skin care ini bertujuan untuk menetralkan wajah dari kandungan skin care lama. Jadi harapannya sih, begitu pakai skin care baru, bahan-bahan yang masuk ke kulit ngga berlebihan dan ngga tabrakan, sehingga kulit jadi stress dan menimbulkan masalah.

3. Wait and See
Pakai skin care juga pelan-pelan. Jangan terlalu berharap hasilnya bakal cepet kelihatan (Walaupun janjinya begitu misalnya). Jangan juga bolong-bolong amat makenya. Usahakan pakai rutin dan lihat hasilnya dalam sebulan-dua bulan. Apakah ada perubahan? Harapannya sih seburuk-buruknya hasil hanya ngga efektif aja atau ngga ada perubahan misalnya.

Kira-kira itu sedikit tips tentang mengganti skin care. Semoga bermanfaat ya ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar