Minggu, 24 Januari 2016

Update: Akun Twitter @deeaspa kembali aktif

Yeaaayyy...akhirnya twitter @deeaspa bisa aktif lagi.

Sepenggal cerita aja sih ya ini. Buat bagi-bagi pengalaman, kali aja ada temen-temen yang tanpa sengaja mengalami hal yang sama.

Jadi twitter itu termasuk agak ketat ya teman-teman soal third party apps. Khususnya buat aplikasi-aplikasi yang berhubungan sama follow/unfollow dan aneka automatisasinya. Saranku sih, hati-hati banget dalam memilih aplikasi untuk twitter. Aplikasi yang aman pun harus digunakan secara hati-hati banget. Karena kalau ngga hati-hati banget, salah-salah bisa kena locked kayak akunku.

Jadi kronologisnya waktu itu begini...Waktu itu (kalau ga salah 6 Desember 2015, sesuai sama postingan ini), aku pakai aplikasi pihak ketiga untuk manage @deeaspa. Aplikasinya apa, buat nama baik mungkin ngga perlu disebut yaa, cukup disamarkan T****i. Sebenarnya, secara normal aplikasi ini aman-aman aja kok. Tapi waktu itu twitter kayaknya lagi galak-galaknya, ha3. Jadi, penggunaan yang biasanya 'normal' Alhamdulillah banget hari itu jadi 'tidak normal'. @deeaspa dianggap kena compromised oleh pihak ketiga. Bahasa Indonesianya apa ya, semacam dipakai tanpa izin oleh pihak ketiga gitu, lalu kemudian akun di locked sama pihak twitter-nya. Kalau di locked kita masih bisa login tapi ngga bisa ngapa-ngapain.

Nah, cara unlocked-nya sebenernya gampang aja. Cukup input nomor HP, terus nanti akan dikirimkan kode konfirmasi via sms. Naaaaaahhhh.....simpel tapi disinilah masalahnya. Twitter itu sampai saat itu ya, sistem kode konfirmasi via sms-nya jelek bangeet, apalagi buat kita yang di Indonesia yah. Kodenya masuknya luaaaamaaaaa sekali. Jadi yang udah punya twitter, aku nyaranin simpen baik-baik akunnya, kalau bisa ngga usah pakai kode-kodean via sms, karena bakalan repot nanti. Yang mau buat akun baru....mmmm, setauku sekarang butuh kode konfirmasi ini, kalau ngga coba aja hapus cookiesnya dulu, mungkin jadi bisa daftar tanpa nomor hp.

Nah, saking lamanya masuknya (bisa lebih dari 5 menit!), waktu kodenya diinput udah error dong. Karena terlalu lama. Dicoba lagi berkali-kali, begitu lagi-begitu lagi, sampai nomornya ngga bisa dipakai sebagai nomor buat kirim kode lagi. Ha3. Ya udah akhirnya angkat tangan, saya memutuskan buat mendiamkan akun dulu sebulanan (kali aja sembuh sendiri yaa, hahaa), terus posting pemberitahuan deh. Oya, segala akun social media akan kita posting di blog ini ya.


Ternyata...setelah sebulan lebih, tetep ngga ke unlocked. Kali ini udah ngga ada pilihan untuk input no hp lagi, tapi ada link ke halaman help gitu. Di sana ada tautan untuk submit ticket ke bagian support twitter. Akhirnya saya submit laporan, cerita soal masalah kode konfirmasi itu (pakai bahasa Inggris) dan berterima kasih kalau mereka mau bantu unlocked akun. Pokoknya yang manis-manis dan sopan bahasanya. Akhirnya, Alhamdulillah banget, hanya dalam beberapa menit akun udah di unlocked.

Sekarang twitter @deeaspa sudah dapat di akses lagi yaah teman-teman, dan akan mulai aktif nge-tweet lagi. Kita juga sudah input timeline baik fb page maupun twitter di sidebar yaah. Yang ada fb silahkan di like, yang ada twitter silahkan di follow.

Apa saya akan pakai aplikasi pihak ketiga lagi? hmm...kayaknya sih iya, tapi bukan yang itu lagi. Ada yang lebih aman kok. Tapi semua akan aman kalau kita juga pemakaiannya cukup hati-hati.

Gitu aja cerita hari ini, dan penjelasan kenapa kemaren twitternya sempet ngga aktif. :)

1 komentar:

  1. Baru tau klo bisa kayak gitu. Make aplikasi pihak ketiga emang harus hati2 ya mba. Apalagi kyk saya suka malas baca term and conditionnya. Hehe.

    Makasih udah share, mba..

    BalasHapus